Penutupan Kegiatan Pendidikan Bela Negara Angkatan ke-34

Bertempat di Lapangan Utama Universitas Siliwangi (UNSIL), kegiatan Pendidikan Bela Negara (PBN) UNSIL angkatan ke-34 Tahun Akademik 2019/2020 yang diikuti oleh 2803 peserta resmi ditutup pada hari Sabtu (01/02/2020).

Upacara Penutupan PBN ini disaksikan oleh Pimpinan Universitas, sivitas Akademika Universitas Siliwangi, tamu undangan yang terdiri dari unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) serta mitra kerja sama UNSIL.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNSIL Prof. Dr. H. Budi Rahmat, Ir., M.S. selaku Inspektur Upacara menyampaikan “Mahasiswa sebagai kader bela negara diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang menjadi sumber kekuatan pemersatu bangsa yang tidak hanya kompeten, tetapi juga nasionalis, memiliki kepedulian sosial, dan inovatif/inovasi menjadi sangat penting sebagai amunisi dalam menghadapi tantangan masa depan”.

Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya PBN ini, yang merupakan kerja sama UNSIL dengan unsur TNI dan Polri yang ada di daerah, yaitu Kodim 0612/ Tasikmalaya, Brigif 13 Galuh, Lanud Wiriadinata Tasikmalaya, Polres Tasikmalaya Kota, Polres Tasikmalaya Kabupaten, beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yaitu UKM Resimen Mahasiswa (Menwa), UKM Korps Sukarela (KSR), UKM Marching Band, UKM Pramuka dan pihak lainnya yang ikut terlibat.

“Ucapan terima kasih kepada semua Pelatih dan Pembina atas dedikasinya melatih para mahasiswa UNSIL sehingga mendapat bekal yang cukup dalam kegiatan bela negara ini. Semoga amal baik para pelatih atau Pembina dapat imbalan yang setimpal dari Allah SWT,” ujarnya.

Dalam kegiatan penutupan ini, peserta PBN mempertunjukkan Senam Komando, Bela Diri Militer, ditutup dengan Pertunjukan Defile/PBB-AB serta kepada Peserta, Peleton, dan Kompi terbaik diberikan penghargaan yang secara khusus diserahkan oleh Pimpinan UNSIL.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian penutup dari seluruh kegiatan PBN yang telah dilaksanakan selama 6 hari yang diikuti oleh mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020 dan mahasiswa lama UNSIL yang belum mengikuti/belum lulus PBN tahun sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X